E100.7 MAJAFM
WARTA KOTA
Senin, 02/01/2017 12:37 WIB
Jaga Populasi Ikan Rengkik, Walikota Larang Setrum Ikan.
MAJA mojokerto | Masyarakat yang mencari ikan dengan cara menyetrum, akan dikenai sanksi karena dinilai mengganggu populasi ikan. Mas'ud Yunus, walikota Mojokerto melarang keras para pencari ikan dengan cara menyetrum ini, bahkan kalau masih marak, Pemkot akan membuat perwali yang melarang pencari ikan dengan setrum dan potas.

”Sekarang ini Pemkot sudah menyatakan kota Mojokerto sebagai kota Rengkik, dan 70 ribu ekor bibit ikan Rengkik juga sudah ditebar di beberapa sungai, kalau ada masyarakat yang mencari ikan dengan setrum atau potas, ini sebuah pelanggaran dan harus ditindak tegas,” ungkap walikota.

Walikota Juga mengatakan, larangan menyetrum ikan ini sudah sering disosialisasikan ke masyarakat saat walikota dialog interaktif dan blusukan, tapi sampai sekarang masih ada yang nekat menyetrum ikan.

Seperti diketahui, Dinas pertanian kota Mojokerto telah melakukan budidaya ikan Rengkik, dengan menebar 70 ribu benih Rengkik disungai, dan 20 ribu dikolam masyarakat, targetnya tahun 2017 masyarakat sudah mudah mendapatkan ikan Rengkik, dan tahun 2018 ikan Rengkik sudah memasyarakat.(zack/fan)