E100.7 MAJAFM
INTERVIEW
Selasa, 01/11/2016 13:08 WIB
Sumber Tuwiri.. Potensi Wisata Yang Belum Dilirik Pemkab Mojokerto
MAJA mojokerto | Kabupaten Mojokerto diyakini masih menyimpan banyak pesona wisata, Kawasan yang menjadi cikal-bakal kerajaan Majapahit, kerajaan terbesar ke dua yang pernah menguasai nusantara ini, masih memiliki daya tarik. Salah satunya adalah Wisata Sumber Tuwiri.

Situs Sumber Tuwiri, terletak di desa Panjer Mojosari. Sebuah kolam dengan mata air berusia ratusan tahun ini, banyak diminati pengunjung yang ingin melepaskan penat. Tak heran, karena situs Sumber Tuwiri ini berada di lingkungan asri. Sejumlah pohon besar berusia tua, menaungi kawasan sumber. Berdasarkan data di Dinas Pariwisata pemkab Mojokerto, Sumber Tuwiri juga termasuk salah satu situs peninggalan jaman kerajaan Majapahit.

Sayangnya, meski diminati pengunjung, wisata Sumber Tuwiri kurang mendapat perhatian pemkab. Sebab, sampai saat ini, tak terlihat perawatan fisik atau penambahan fasilitas di kawasan wisata yang selama ini dikelola oleh warga desa setempat. Padahal, menurut keterangan warga, pengunjung situs Sumber Tuwiri tak hanya warga Mojokerto saja, melainkan juga dari luar kota

”Hampir tiap hari banyak warga yang berkunjung, bahkan kalau hari Minggu, banyak anak-anak yang bermain di Wisata Sumber ini bersama orang tuanya. Bahkan mereka ada juga yang berasal dari luar kota,” terang Mudrika, salah seorang pemilik warung kopi di area Wisata Sumber Tuwiri. Dan memang, di sekitar kolam, banyak berdiri warung-warung yang menyediakan aneka minuman dan makanan.

Mudrika berharap, wisata milik desa ini dikembangkan oleh pemerintah. ”Ya, agar bisa semakin ramai dan menjadi tempat wisata baru,” harapnya.(fan/fad)