E100.7 MAJAFM
INTERVIEW
Senin, 17/07/2017 13:44 WIB
Difabel Pembuat Kaki Palsu Asal Mojosari, Dapat Penghargaan Dari Kapolri Hingga Presiden
MAJA mojokerto | Sugeng Siswoyudo Warga Kelurahan Kauman, Mojosari kabupaten Mojokerto, tidak pernah berputus asa dengan keterbatasan yang dimilikinya. Ia terus berkarya hingga mendapat apresiasi sejumlah pihak. Berbagai tanda penghargaan telah diterimanya, termasuk dari Kapolri, bahkan presiden.

23 Maret 2017 lalu, Sugeng mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Ia dinobatkan sebagai sosok difabel inspiratif di bidang lalu lintas. Sugeng dikenal sebagai pembuat kaki palsu, khususnya untuk membantu para korban kecelakaan lalu lintas. Sebelumnya, di tahun 2010, Presiden Susilo Bambang Yudoyono juga menobatkan dirinya sebagai difabel dengan jiwa sosial tinggi.
Sugeng mengatakan, saat mendapat penghargaan di Mabes Polri sebagai rangkaian Rakernis Satuan Polisi Lalu Lintas, dirinya merupakan salah satu dari puluhan orang se-Indonesia yang menerima penghargaan dari Kapolri.

“Ada puluhan yang dapat penghargaan selain saya. Sekaligus saya merupakan perwakilan dari Jawa Timur atas keterlibatan dan kepedulian dalam aksi sosial,” tuturnya.

Aksi membuat kaki palsu bagi orang yang membutuhkan ini sudah dilakukan Sugeng selama puluhan tahun. Penghargaan yang diperolehnya pun merupakan bentuk apresiasi terhadap kepedulian atas korban kecelakaan lalu lintas. Tak pelak, bantuan Sugeng banyak meringankan beban korban kecelakaan yang kehilangan anggota tubuhnya, hingga mereka bisa kembali beraktivitas normal.
Sugeng mengaku, untuk membangkitkan spirit hidup dari keterpurukan memang tak mudah. Setidaknya dengan bekal kreatifitas kaki palsu buatannya, ia mampu hidup normal kembali dan bisa membantu sesama.(fad/fan)